Hello, is there anything we can help?

Ini Pengaruh Peraturan Pajak dalam Pembangunan Ekonomi Negara

Ini Pengaruh Peraturan Pajak dalam Pembangunan Ekonomi Negara

PPN

28 Dec, 2023 14:12 WIB

Jakarta, Ideatax -- Pajak merupakan pungutan yang diterapkan oleh pemerintah untuk memperoleh pendapatan yang bermanfaat bagi kepentingan negara. Dalam implementasinya, terdapat peraturan pajak atau Undang-Undang Perpajakan yang harus dipatuhi oleh semua lembaga perantara dan masyarakat sebagai Wajib Pajak (WP).

 

Apa peran kebijakan pajak dalam memajukan perekonomian negara? Perlu Anda ketahui, tanpa adanya Undang-Undang Perpajakan, akan semakin sulit menghimbau masyarakat untuk memenuhi kewajibannya. Terlebih lagi, pungutan pajak dilakukan secara rutin setiap tahun, oleh karena itu, diperlukan peraturan dan perlindungan yang jelas. Agar lebih jelasnya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

 

Pengaruh Preaturan Pajak dalam Memajukan Perekonomian

Pajak telah diatur secara langsung dalam Undang-Undang, menjadikannya bersifat mengikat dan mewajibkan setiap warga negara untuk mematuhi kewajibannya. Kebijakan pajak menjadi sangat penting, karena mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembangunan perekonomian negara. Pengaruh apa saja itu?

 

1. Meningkatkan Kepatuhan Masyarakat

Awalnya masalah pajak tidak memiliki peraturan yang mengikat dan jelas, sehingga menimbulkan polemik antara masyarakat dengan pemerintah. Setelah muncul kebijakan baru tentang kewajiban pembayaran pajak, kini tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar sudah mencapai 85%. 

 

Dulu, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak masih sangat rendah, persentasenya hanya mencapai 12-13%. Disinilah muncul peran peraturan pajak dalam meningkatkan kesadaran warga negara untuk menjalankan kewajibannya, sehingga berguna untuk pembangunan ekonomi. 

 

2. Berperan Sebagai Regulator

Undang-Undang Perpajakan dapat digunakan oleh pemerintah sebagai alat pengatur untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mencapai tujuan negara. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa kebijakan pajak saat ini lebih rinci, mencakup berbagai aspek seperti pajak kendaraan, pajak bangunan, pajak penghasilan, pajak barang mewah, dan lainnya. 

 

3. Membantu Menstabilkan Ekonomi Negara

Peraturan pajak tentunya ikut andil dalam menstabilkan kondisi ekonomi negara, karena berkaitan dengan tingkat kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya. Semakin jelas peraturan yang mengatur pembayaran dan sanksi perpajakan, maka pembayaran pajak oleh Wajib Pajka bisa ditingkatkan. 

 

Dalam praktiknya, kebijakan pajak juga mencakup regulasi tentang stabilitas harga untuk mencapai tujuan menekan inflasi. Tanpa disadari, Undang-Undang Perpajakan memainkan peran penting dalam meningkatkan redistribusi pendapatan atau penerimaan negara sesuai dengan tujuan negara.

 

Nah, jadi pentingnya keberadaan peraturan pajak sangat terlihat dalam meningkatkan tingkat kepatuhan wajib pajak, berfungsi sebagai regulator, serta menjaga kestabilan tingkat inflasi. Bagi Anda yang ingin lebih memahami prosedur pembayaran pajak, aturan yang berlaku, hingga ingin memastikan ketaatan pajak, dapat melakukan konsultasi Ideatax. Dengan tim konsultan yang sudah ahli, kami akan memberikan solusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda untuk memahami dan mengelola kewajiban perpajakan dengan mudah.

 

Kunjungi situs resmi Ideatax dan hubungi kami segera untuk konsultasi lebih lanjut dan pastikan pajak Anda dikelola dengan efisien.